Yasser Hamidy: Mantan Aktivis Mahasiswa, Pengusaha Jus dan Burger Jadi Dewan

Pekanbaru – Partai Keadilan  Sejahtera (PKS) berhasil mengantarkan delapan orang kadernya menjadi anggota DPRD Kota Pekanbaru. Kursi itu diraih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Tampan sebanyak 2 kursi, Dapil Kecamatan Sail dan dan Tenayan Raya sebanyak 1 kursi, Dapil Rumbai-Rumbai Pesisir 1 kursi, Dapil Marpoyan Damai-Bukit Raya sebanyak 2 kursi, Dapil Sukajadi-Limapuluh-Pekanbaru Kota dan Dapil Payung Sekaki-Senapelan  masing-masing sebanyak 1 kursi.

Mereka merupakan orang-orang terkemuka di lingkungannya dan sudah banyak mengenyam asam garam perjuangan keumatan. Mereka yang dipercaya rakyat itu umumnya mantan aktivis mahasiswa, pengusaha sukses dan para da’i.

Yasser Hamidy, salah seorang yang terpilih. Mantan aktivis mahasiswa dan gigih berusaha untuk kebutuhan hidup dan biaya pendidikan sejak duduk di bangku kuliah. Kesibukannya memimpin organisasi kampus, Yasser masih sempat merintis usaha jualan jus dan burger. Jabatan ketua di organisasi kemahasiswaan kampus juga tidak membuat dia malu berjualan kaki lima.

Usaha itu dimulai dengan jualan keliling dengan menggunakan gerobak. “Selain itu, kita smaa teman-teman setiap Ramadhan  berjualan pebukaanm,” ujar Yasser.

Ketika usahanya kian berkembang, Yasser mengontrak kedai di Jalan Bina Krida dekat kampus Unri dengan merek dagang Rahmat, jualan jus dan burger. Dia aktif mengelola kios ini dari 2004-2016. Belakangan, pengelolaan usaha itu diserahkan kepada temannya. “Saya lebih fokus dengan dakwah dan kegiatan partai serta pembinaan masyarakat,” terang Yasser.

Bakat kepemimpinan sudah terasah sejak menjadi ketua OSIS SMAN 3 Medan Perioda 1996-1997. Tamat SMAN 3 Medan tahun 1998, Yasser langsung melanjutkan pendidikan di Fakultas Perikanan Universitas Riau. Setahun di UR, pria kelahiran Medan 15 Maret 1980 ini dipercaya menjadi ketua Himpunan Mahasiswa Prodi PSP Fakultas Perikanan Unri Periode 1999-2000.

Sukses memimpin Hima Prodi PSP, Yasser tahun berikutnya terpilih sebagai ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Perikanan Unri Periode 2000-2001. Selain itu juga dipercaya memimpin Rohis Fakultas Perikanan.

Tak lama setelah tamat Unri tahun 2003, Yasser dipercaya Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru dari tahun 2003-2009.

Selain di politik Yasser aktif berceramah diberbagai masjid, mushala dan sejumlah pengajian, Dia pernah menjadi karyawan di Baitul Mall Muamalat dan juga pernah aktif sebagai fasilitator PPD Kota Pekanbaru pada tahun 2010-2013.

Karena dedikasinya pada perjuangan partai dan keumatan maka pada Pemilu 2009 dan 2014 Yasser dicalonkan sebagai anggota DPRD Kota Pekanbaru untuk daerah pemilihan Kecamatan Tampan dan Payung Sekaki. Pada dua Pemilu ini Yasser kalah bersaing, Dukungan suara yang diperoleh dibawah kader PKS lain.

Berbeda dengan Pemilu 2019 lalu, Yasser yang kembali dicalonkan meraih suara terbanyak diantara calon dari PKS di Dapil Kecamatan Tampan. Di Dapil ini PKS berhasil meraih 2 kursi. Kursi satu lagi diraih Mulyadi yang kembali terpilih.

Masuk dewan bagi Yasser merupakan ladang amal untuk kebaikan umat. Sehingga kehadirannya dapat memberi manfaat kepada orang lain. “Saya ingin banyak memberi manfaat bagi orang lain,” tekad Yasser dan berupaya belajar cepat untuk melaksanakan kerja-kerja kedewanan.

Menurut Yasser ada beberapa prioritas pembangunan yang harus dikerjakan, Diantaranya pengelolaan drainase dan jalan-jalan yang menjadi aspirasi masyarakat.  Selain itu juga membentuk peratuaran daerah yang berpihak kepada masyarakat kecil.

Yasser jaga menilai sekolah menengah pertama (SMP) juga masih perlu dibangun di beberapa kelurahan.  “Potensi dan SDM kota Pekanbaru untuk bergerak lebih maju sangat besar. Ini harus kita gunakan sebaik-baiknya untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat kota Pekanbaru,” ujar Yasser.

Saat ini di struktur partai, sarjana Fakultas Perikanan Universitas Riau ini dipercaya sebagai Ketua Bidang Kepemudaan DPW PKS Riau Periode 2017-2022.

(Tim Humas DPD PKS Pekanbaru)

Baca Juga

Adam Syafaat DPRD Provinsi Riau Hadiri Haul/Ziarah Abuya Syech Haji Aidarus Abdul Ghany El-Chalidy

Menghadiri acara Haul/Ziarah Abuya Syech Haji Aidarus Abdul Ghany El-Chalidy KE- 30 tahun. Di pondok …