Syahrul Aidi Minta Proyek IPAL Kota Pekanbaru Jangan Ganggu Aktifitas Warga

Pekanbaru – Usai melaksanakan kegiatan silaturahmi forum anggota DPR RI Dapil Riau 1 dan 2 pada Senin (06/01/2020) dengan Pemerintah Provinsi Riau beserta seluruh kepala daerah, Syahrul Aidi, anggota DPR RI Komisi V langsung mengunjungi lokasi kegiatan pembangunan proyek Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Kota Pekanbaru.

Dalam kunjungannya yang dihadiri oleh Kepala Balai Permukiman Wilayah Kementrian PUPR beserta Wakil Walikota Pekanbaru beserta jajarannya. Syahrul Aidi meminta agar pelaksanaan proyek ini dikerjakan dengan baik dan sesuai dengan Standar Operational Procedure (SOP).

“Kita minta kontraktor pelaksana, melaksanakan kegiatan ini sesuai dengan SOP yang dibuat oleh kementerian. Jangan sampai ada masalah dalam pelaksanaannya. Terutama jangan sampai mengganggu warga, baik warga yang bertempat tinggal di sekitar lokasi atau warga pengguna jalan,” terang Syahrul Aidi.

Salah satu persoalan yang harus dihindari adalah terganggunya masyarakat Pekanbaru yang berada di sekitar lokasi proyek. Terutama para pengguna jalan. Hal itu berdasarkan berbagai laporan warga kepada pihak Pemko Pekanbaru.

Sementara itu Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Riau Ichwanul Ihsan memahami keresahan warga Pekanbaru atas pelaksanaan proyek ini.

“Sebenarnya pelaksanaan proyek ini sudah sesuai dengan SOP, seputar keluhan warga, kita memahami hal itu. Namun itu, kita beberapa kali sudah melakukan survei di lapangan. Dan prinsipnya itu tak ada masalah,” terang Ichwanul.

Sebenarnya, tingkat resiko lebih besar nantinya adalah saat pembangunan proyek IPAL di Jalan Sudirman yang saat ini sedang dilakukan tender. Karena di lokasi proyek ini berada di jalan utama di Pekanbaru.

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi menyampaikan keluhan dari warga juga sampai hingga ke Walikota Pekanbaru.

Kita punya alat, kita sudah ukur, tapi tidak ada masalah. tantangan terberat ada di jalan Sudirman. sekarang lagi lelang.

Kadis PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi saat dihubungi pada Selasa (07/01/2020) menyampaikan bahwa Kota Pekanbaru merupakan satu dari tiga kota besar (Pekanbaru, Jambi, dan Makassar) yang dijadikan lokasi pilot project pelaksanaan proyek IPAL ini.

“Kita kemarin mendampingi kunjungan anggota DPR RI Dapil Riau ke lokasi proyek IPAL tersebut. Beliau ingin memastikan agar pelaksanaan proyek ini tidak mengganggu warga. Alhamdulillah, saat itu penanggung jawab kegiatan berjanji akan memperbaiki dalam bentuk over lay jalan yang telah mereka bongkar. Mereka berjanji minggu pertama Februai sudah terlaksana,” terang Indra Pomi.

Lokasi pelaksanan pembangunan IPAL ini dikerjakan di beberapa ruas jalan di Kota Pekanbaru. Salah satu lokasi yang paling banyak pelaksanaan adalah beberapa ruas jalan di Kecamatan Sukajadi. ***

Baca Juga

Adam Syafaat Meminta Komisi 5 DPR RI Perjuangkan Jalan Provinsi di Riau Menjadi Jalan Nasional

Riau.pks.id – Anggota DPRD Provinsi Riau Adam Syafaat dan Abdul Kasim dari Fraksi PKS mendatangi …